Palembang, Kota yang beranjak metropolitan

04.43.00


Palembang. Yaap..! kota itulah dimana aku sekarang berdomisili, menuntut ilmu di bumi sriwijaya tercinta.
Palembang Tempo Doeloe (sumber foto: kotapalembang.blogspot.com)
Teringat dalam benakku saat berumur 7 tahun, pertama kalinya orang tuaku mengajak jalan-jalan ke Kota ini sekitar tahun 2000, sebagai anak kecil yang belum tau banyak akan kota Palembang, pada saat itu aku hanya berpendapat bahwa Palembang hanya identik dengan jembatan Ampera dan Pempek, sebuah panganan khas kota Palembang, serta belum banyak gedung pencakar langit sejauh mata memandang. Selain itu di jalan masih nampak sepi kendaraan yang lalu lalang.

Namun, napak tilas 12 tahun yang lalu berbeda jauh dengan keadaan kota Palembang sekarang. Waaah..! itu mungkin yang terucap saat melihat hirup pikuk kota Palembang yang berdeyut kencang.
palembang era modern (sumber foto: kotapalembang.blogspot.com)
Diawali dengan masuk ke km 12, sudah nampak armada Trans Musi, Transportasi aman, nyaman, dan petugasnya ramah yang siap melayanin kita sampai ketujuan. Jika dibandingkan dengan dulu, sistem manajemen transportasi di Palembang sekarang sudah sangat baik, disektor darat, laut maupun udara. Jika didarat sudah disediakan Trans Musi, armada Taxi dan KA kertapati. Disektor laut terdapat ferry sungai, perahu jukung, maupun perahu ketek (perahu bermesin). Selain darat dan laut, sektor udara juga tak mau ketinggalan, yakni tersedianya Bandara Internasional Sultan Mahmud Baharuddin II. Kelengkapan sarana transportasi ini pun diharapakan agar dapat memanjakan wisatawan baik lokal maupun mancanegara agar mendapatkan kenyamanan sehingga berkesan.
sumber foto (chawako.com)
sumber foto (radenardhata.blogspot.com)
foto palembang di suasana malam

Perkembangan Palembang bukan terjadi di bidang transportasi saja, di indeks pembangunan sudah sangat nampak jelas, baik itu Infrastruktur, pasar tradisional seperti pasar km 16, pasar cinde, pasar km 5, dan masih banyak lagi. Selain pasar tradisional yang tetap menjadi primadona masyarakat, juga berkembang pasar modern seperti Palembang Indah Mall, Palembang Square, Palembang Trend Center, dan lain-lain yang juga memiliki pengujung yang setia. Gedung pencakar langit pun mulai banyak menghiasi kota palembang, mulai dari hotel seperti, Arista, Aryaduta, hotel ala bergaya Eropa pun ada di Palembang, selain hotel gedung pemerintahan daerah pun berdiri kokoh menjulang seperti kantor walikota dan masih banyak gedung lagi. Sehingga jika malam menjelang, setiap gedung pencakar langit memiliki andil menciptakan gemerlap kilau cahaya yang memberi keindahan tersendiri di kehidupan malam kota Palembang.
kawasan hijau (sumber foto: kotapalembang.blogspot.com)
Selain itu, meskipun pembangunan di kota Palembang semakin meningkat. Namun hal itu diimbangin dengan dibukanya kawasan hijau di tengah kota, seperti Kambang Iwak, Taman Bukit Siguntang, Punti Kayu, ruang terbuka hijau di Jakabaring, taman nusa indah, pingir tepian sungai musi, bahkan dipinggir jalan-jalan utama banyak dijumpai pohon-pohon yang rindang. Oleh karena itu, Kota Palembang banyak meraih prestasi, mulai dari tingkat nasional seperti kota Terbersih tahun 2007-2009, sampai tingkat internasional seperti Enviromental Sustainable City of Asean (Kota terbersih berwawasan lingkungan) tahun 2008, dan Clean Air Initiatives (CIA), Representative City (kota), Partnership Council (walikota) yang diraih pada tahun 2009 di tingkat Asean. Sehingga ini membuktikan bahwa Palembang adalah kota Hijau.
Jakabaring (sumber foto: Padangekspres.co.id)
Oh iya..!!! Palembang juga memiliki kawasan elite dan modern tentunya, dan merupakan pusat kawasan wisata olahraga. Jakabaring Sport City, itulah julukan yang disandang oleh tempat yang telah sukses menyelenggarakan event terbesar di Asia Tenggara, yaitu SEA GAMES XXVI 2011.

Meskipun pembangunan dan perkembangan kota Palembang sangatlah pesat, akan tetapi pemerintah tetap memperhatikan bangunan-bangunan yang bersejarah. Kita lihat saja seperti Benteng Kuto Besak (BKB) yang tetap berdiri kokoh dan megah menghadap sungai musi, Taman makam pahlawan yang terawat, hingga museum seperti museum Sultan Mahmud Baharuddin II, museum Bala Putra Dewa, hingga museum Tekstil pun terjaga dan terawat kemegahannya.

Jika orang bertanya tentang palembang, baik di dunia nyata maupun didunia maya, seperti teman kenalan di facebook, twitter, bahkan banyak yang bertanya tentang apa sih yang menarik dari kota Palembang via email? Maka aku akan menjawab yang menarik dari kota Palembang adalah banyak nian, baik dari sektor transportasi, lokasi wisata rekreasi, wisata sejarah, banyak kampung etnik yang unik,  kuliner, gedung-gedung modern, hingga logat bicara pun menjadi daya tarik yang khas.

Itulah kota Palembang, sebuah kota yang bertranformasi menjadi kota metropolitan, yang menjadi kota panutan, kota yang menjadi kebanggaan wong kito.

You Might Also Like

7 komentar

  1. amiiin.. semoga menjadi kota yang lebih baik kedepannya

    BalasHapus
  2. my hometown, semoga kota benar-benar bertransformasi menjadi venesia dari timur

    BalasHapus
  3. @kak goiq.. amin.. semoga menjadi lebih baik lagi.. dan semoga event-event besar seperti SEA GAMES mampir lagi ke palembang sebagai tuan rumah,, itung-itung meperkenalkan palembang

    @mbak suzannita.. amin... menjadi metropolitan yang dibanggakan indonesia :) trus kita bangga deh menjadi wong kito

    BalasHapus
  4. bangga jadi wong kito, hehe

    BalasHapus
  5. Bila Anda membutuhkan jasa inspeksi - instalasi - dan perawatan tempat-tempat yang sulit dijangkau. Seperti, gedung, menara komunikasi, cerobong, konstruksi jembatan, maupun rig lepas pantai. Dengan teknik Rope Acces bisa menjangkau kemanapun, terbukti aman, efisien dalam waktu dan biaya.
    Menerima seluruh wilayah di Indonesia.

    http://karashighreach.blogspot.com/
    http://www.facebook.com/pages/Karash-High-Reach/427168827351889?ref=ts&fref=ts

    BalasHapus
  6. Venice van East . I love All In Palembang

    BalasHapus

Popular Posts

Google+

Twitter

Subscribe